Karena Dunia Berbahasa Inggris

LetSpeakEnglish


Melakukan Pembicaraan Ringan dalam Bahasa Inggris

Posted on November 12, 2012 by Masdin Pacidda


Tips berikut dapat membantu siswa/mahasiswa atau siapa saja yang merasa bahasa Inggrisnya masih kurang dan berencana untuk tinggal di negara berbahasa Inggris selama beberapa waktu. Saat tinggal di negara berbahasa Inggris tersebut anda sangat butuh sebuah skill untuk memulai pembicaraan ringan dengan siapa saja yang ada di sekitar anda. Pembicaraan kecil akan memudahkan kita untuk memulai pertemanan. Bahkan banyak orang yang berencana ke luar negeri lebih tertarik dengan pembicaraan kecil dibanding mempelajari kaidah-kaidah grammar.

Mengapa Pembicaraan Ringan Sulit?

Kita yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sering merasa sulit untuk melakukan pembicaraan kecil yang efektif. Bahkan, ada native speaker juga yang menghadapi masalah yang sama. Masalahnya sebenarnya tidak terletak pada grammar, karena faktanya untuk terlibat dalam pembicaraan kecil, anda tidak harus ahli grammar. Akan tetapi, anda memerlukan vocabulary (kosa kata) yang luas. Pembicaraan ringan bisa tentang topik apa saja. Ini berarti bahwa anda perlu mengetahui sekumpulan kosakata yang mencakup kebanyakan topik. Sayangnya, justru ini yang menjadi permasalahan bagi banyak orang yang belajar bahasa Inggris.

Bagaimana Meningkatkan Skill Pembicaraan Kecil?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperkaya kosa kata kita. Untuk hal ini diperlukan banyak waktu dan latihan. Berikut beberapa tips untuk mengefektifkan waktu anda dalam memperkaya kosa kata.

Mempelajari tipe-tipe orang yang anda akan berinteraksi dengannya

Jika anda adalah siswa/mahasiswa Internasional yang tinggal di negara berbahasa Inggris, di awal-awal Anda tinggal di sana anda perlu berinteraksi dengan pelajar-pelajar lain dari berbagai belahan dunia. Anda akan terbantu dalam melakukan interaksi jika anda mencoba mempelajari sesuatu tentang orang-orang ini dan minat mereka sebelum anda mencoba berteman dengan mereka. Selain itu, ketika anda telah tahu banyak tentang mereka, percakapan anda akan lebih menarik.

Hindari topik seperti agama dan politik

Orang cenderung memiliki perasaan yang kuat tentang keyakinan agama dan politik mereka. Karena itu, hindari membicarakan topik-topik ini. Jika memang harus membicarakan topik-topik seperti ini, jangan sampai berlebihan. Ingat bahwa toleransi adalah kuncinya. Belajarlah untuk menghargai perasaan dan keyakinan orang lain dan mereka akan menghargai anda.

Mempelajari kosakata spesifik

Jika orang-orang yang ada di sekitar Anda adalah para penggiat olahraga, maka anda perlu meningkatkan kosakata olahraga yang anda miliki. Jika mereka adalah maniak IT, anda perlu belajar beberapa istilah teknis. Apapun topik yang anda minati, anda pasti bisa menemukan kosakata-kosakata yang diperlukan di Internet. Ketika anda sudah punya kata-kata yang dapat membantu, melakukan pembicaraan kecil akan jauh lebih mudah. (Adapted: englishspeaking[dot]org)



2 to “Melakukan Pembicaraan Ringan dalam Bahasa Inggris”

  1. mochtar says:

    Lovely coz find new one. I do like with tips : knowing the character and specific vocabulary. As we’ve made a session with kidz for practicing English we use these technique : buy pizza and having conversation due the food stuff before eating. Even though they make mistakes in speaking we love to do it – as we’ll eat it up. But, me make record first, in order we have time to check their pronoun, style of language and others.

    I don’t know its light or hard topics but we stress in using any vocabulary as necessary due our activity. Besides that, we remind to them not to do – make sentence from bahasa then translate it – it will take times and we can see it in their eyes. We try to change the mindset, say the words first – then we’ll correct it if any mistakes. Or we give an alternative statement which is much easy, cool…….as native could be.

    A bunch of love from jungle of Borneo, we gotta much inputs from this web.

  2. Kikyy Tari says:

    Salut bgt ,, thanks :-)



Leave a Reply

(Tinggalkan Komentar!)




↑ Top